Saturday, October 31, 2015

Awas, Jangan Berlebihan Konsumsi Daun Binahong

Tanaman Binahong saat ini sedang ngetrend sebagai obar herbal, bahkan kapsul Binahong dengan berbagai merek banyak ditemukan di toko-toko obat bahkan sampai ke toko toko tradisional di perkampungan. Agar tidak keliru ketika mengkonsumsi Binahong ada baiknya kalau mencermati ulasan tentang tanaman Binahong di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Binahong (Bassela rubra linn) adalah tanaman obat yang tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dan mempunyai banyak khasiat dalam meyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat. Tanaman yang konon berasal dari Korea ini dikomsumsi oleh orang-orang Vietnam pada saat perang melawan Amerika Serikat pada tahun 1950 sampai 1970-an.

Tanaman Binahong dikenal juga di kalangan masyarakat Cina dengan nama Dheng San Chi dan telah ribuan tahun dikonsumsi oleh bangsa Tiongkok, Korea, Taiwan, dll. Binahong sudah lama ada di Indonesia tetapi baru akhir-akhir ini saja menjadi alternatif bagi sebagian orang untuk dijadikan obat alami untuk menyembuhkan atau mengurangi beberapa penyakit ringan maupun berat. Bagian yang sering dijadikan obat alamiah adalah bagian daunnya, kadang juga batang dan daunnya. Daun binahong memiliki kandungan senyawa kimia antara lain: saponin, alkaloid, polifenol, asam oleanolik dan minyak atsiri.

Manfaat Daun Binahong

Beberapa manfaat & khasiat dari tanaman binahong untuk kesehatan antara lain:
– mempercepat pemulihan kesehatan setelah operasi, melahirkan, khitan, segala luka-luka dalam, radang usus
– melancarkan dan menormalkan peredaran dan tekanan darah.
– mencegah & mempercepat pemulihan stroke
– mencegah & mengobati tumor dan kanker
– mempercepat penyembuhkan sakit jantung
– mencegah rheumatik, flu tulang dan sakit persendian
– menambah dan mengembalikan vitalitas daya tahan tubuh
– Membantu kontrol kadar gula darah pada penderita kencing manis (diabetes)
– membantu mengatasi masalah vitalitas/impotensi dan meningkatkan stamina
– meningkatkan kekebalan (imun tubuh)
– mencegah infeksi saluran cerna, radang usus buntu, peradangan pada ginjal
– menyembuhkan wasir (ambeien)
– melancarkan buang air kecil, buang air besar
– membantu penyembuhan diabetes
– menyembuhkan sariawan berat
– mengatasi masalah pusing-pusing
– mengobati sakit perut
– menyembuhkan gatal-gatal
– menurunkan kolesterol
– menyembuhkan maag
– mengobati asam urat
– dapat menghilangkan jerawat pada wajah dengan pemakaian seperti masker.

Cara Mengkonsumsi Binahong

Agar kandungan senyawa binahong tidak rusak sebaiknya air rebusan jangan disimpan di lemari pendingin ataupun dipanaskan kembali. Cukup simpan pada suhu kamar. Pilih daun yang sehat yang tidak terlalu muda atau tua. Daun yang terlalu tua senyawa aktifnya sudah berkurang. Biasanya daun ke-4 sampai ke-7 dari pucuk. Daun sebaiknya diambil dari tanaman yang telah berbunga sebab zat yang terkandung di dalamnya optimal.

Orang sehat pun dapat mengonsumsi daun binahong untuk menjaga kesehatan tubuh. Misal dalam bentuk lalapan, tapi jumlahnya harus dibatasi. Maksimal mengonsumsi 5 lembar sehari selama 6 bulan. Konsumsi berlebihan dan dalam jangka panjang mengganggu kerja hati dan ginjal.

Jadi poin yang harus dicatat adalah, bahwa baik itu obat herbal maupun obat kimia, tidaklah bijaksana jika dikonsumsi secara berlebihan karena masing-masing memiliki efek samping jika tidak dikonsumsi sesuai dosis anjuran. Tidak ada alasan karena ingin cepat sembuh lantas dosis dinaikkan semaunya tanpa memiliki dasar pengetahuan tentang obat yang bersangkutan. Bisa-bisa yang terjadi bukannya penyakitnya sembuh tetapi malah komplikasi dengan penyakit lain.[]

Sumber: https://sekilasweb.wordpress.com

No comments: